Peer Review Process

Proses peer-review merupakan bagian integral dari publikasi ilmiah untuk memvalidasi manuskrip. Proses penilaian kualitas manuskrip (naskah) dilakukan sebelum diterbitkan. Kemudian reviewer yang ahli di bidangnya akan melakukan peninjauan dan mengomentari manuskrip yang diterima. Proses ini dimaksudkan untuk membantu editor menentukan apakah naskah harus diterbitkan di Jurnal INTAN (Jurnal Penelitian Tambang).Poin-poin penting dari proses peninjauan yang dilakukan:

  1. Naskah yang dikirimkan ke jurnal diseleksi terlebih dahulu oleh tim editorial.
  2. Naskah yang lolos review akan dikirim ke minimal dua reviewer untuk ditinjau.
  3. Rekan-rekan yang mengulas secara independen membuat rekomendasi kepada editor jurnal apakah akan menolak atau menerima manuskrip (dengan atau tanpa revisi).
  4. Editor jurnal meninjau semua komentar oleh peninjau ahli dan membuat keputusan untuk menerima atau menolak naskah dalam beberapa bentuk yaitu:
    • Penerimaan Pengajuan.
    • Permintaan revisi (naskah harus direvisi dan tidak dikembalikan ke resensi).
    • Kirim ulang untuk ditinjau (naskah harus direvisi dan dikembalikan ke pengulas).
    • Dikirim ulang (manuskrip harus dikirim ke penerbit jurnal lain).
    • Penolakan untuk menyerahkan (naskah ditolak).
    • Lihat komentar (lihat komentar, pengulas menolak dengan sopan).

Proses peer-review untuk publikasi jurnal pada dasarnya adalah mekanisme kontrol kualitas dimana para ahli mengevaluasi manuskrip untuk tujuan memastikan kualitas manuskrip yang diterbitkan. Namun, reviewer tidak membuat keputusan untuk menerima atau menolak makalah, melainkan proposal keputusan. Dalam jurnal, kekuatan pengambilan keputusan hanya ada pada editor jurnal atau dewan editorial jurnal.

Cara Kerja:

Ketika sebuah manuskrip dikirimkan, hal tersebut akan dievaluasi untuk melihat apakah manuskrip memenuhi kriteria atau tidak. Oleh karena itu, tim editorial dapat menilai atau mengevaluasi apakah manuskrip yang telah dikirimkan termasuk dalam area penelitian atau tidak, sehingga dapat rekomendasikan kepada editor jurnal. Jenis peer review yang digunakan oleh Jurnal INTAN adalah Double Blind yang artinya adalah reviewer tidak mengetahui nama penulis dan penulis tidak mengetahui siapa yang mereview manuskrip yang ada. Berikut adalah gambaran proses peer review: