Plagarism Policy

Naskah karya ilmiah yang masuk ke INTAN Jurnal Penelitian Tambang harus terbebas dari konten yang mengandung plagiarism. Oleh karena itu penulis yang akan memasukkan naskah diharapkan menggunakan perangkat lunak (software) pendeteksi plagiarism untuk melakukan pemeriksaan terhadap kemiripan konten. Editor menggunakan Turnitin untuk mendeteksi plagiarism pada naskah yang masuk dengan ketentuan batas maksimum batas maksimum sesuai dengan RISTEKDIKTI sejumlah 25%. Jika terindikasi terjadi plagiat, maka dewan editor bertanggung jawab atas peninjauan ulang atas artikel tersebut dengan pedoman:

  1. Melakukan penjiplakan atas sebagian kalimat pendek dari artikel lain tanpa menyebutkan sumbernya, maka tindakan yang diberikan adalah suatu peringatan dan permintaan kepada penulis untuk mengubah teks dan melakukan pengutipan dengan benar.

  2. Melakukan penjiplakan sebagian besar artikel lain tanpa memberikan sumber kutipan yang tepat dan tidak mnyebutkan sumbernya, maka tindakan yang diberikan adalah penolakan terhadap artikel yang dimasukkan dan diberi sanksi untuk tidak diperbolehkan mempublikasikannya dalam INTAN Jurnal Penelitian Tambang.

Apabila penulis terbukti mengajukan naskah ke INTAN Jurnal Penelitian Tambang secara bersamaan mengirimkan juga ke jurnal lainnya dan tumpeng tindih yang ditemukan dalam proses reviwewr atau setelah publikasi, maka akan diberikan sanksi sebagaimana poin ke 2 di atas. Oleh karena itu penulis diharapkan dapat menjamin bahwa naskahnya terbebas dari hal-hal tersebut di atas sebagaimana poin 1 dan 2.